Rabu, 13 Oktober 2010

Produksi Konten Multimedia

Nama : 1. Ahmad Fauzan (50407061)
2. Gusti Yoganto P. (50407389)

Kelas : 4 IA 15

PRODUKSI KONTEN MULTIMEDIA
Computer-Based Multimedia Production
• Proses pengembangan aplikasi multimedia
- Concept definition -> Storyboard design -> Development of Multimedia Building Blocks -> Authoring -> Testing and Revision -> Delivery

• Hal-hal yang harus diperhatikan dalam pengembangan aplikasi multimedia :
a. Siapa target audience ?
- Umur & tingkat pendidikan
Gaya / cara belajar
- Kebutuhan dan harapan pemakai
- Etnik, Gender, komposisi budaya
- Warna dan logo yang disukai
- Profil psikologis
b. Apa tujuan program ?
- Berupa presentasi / tutorial / interactive page ?
- Dipakai oleh group / single user ?
- Dipakai di TV / komputer / kiosk ?
c. Apa struktur / isi program ?
- Isi program dapat berupa pesan khusus, data, gambar, grafik,, video, atau informasi lain
- Isi program dirancang oleh content specialist untuk diberikan kepada multimedia architect 􀃆 how can this information be presented using the capabilities of multimedia technologies ?
d. Komponen-komponen apa saja yang akan dipakai ?
- Gunakan berbagai macam media seperti narasi, gambar, animasi, video, teks, dll untuk menarik pemakai sehingga dapat menangkap informasi yang disampaikan
- Untuk pemakai individu 􀃆 extensive text, scrolling text fields, audio, interactivity
- Untuk pemakai kelompok 􀃆 text, audio, interactivity, colors
e. Tingkat interaksi yang diharapkan antara user dan komputer
f. Tingkat respon pemakai yang diharapkan
- Sediakan umpan balik / pesan untuk setiap respon dari pemakai; berupa pesan ‘benar’ atau ‘ salah’

• Menghindari kendala :
a. Gunakan berbagai macam media untuk menarik pemakai dengan gaya bejalar yang berbeda-beda
b. Tetapkan tujuan program dibuat
c. Hindari penggunaan animasi, suara yang mengaburkan tujuan penyampaian pesan / informasi

• Sebuah aplikasi multimedia harus memiliki audiens sasaran dan platform yang jelas. Ketika kapabilitas multimedia pengguna akhir memiliki range yang luas dan tak terbatas, maka harus disebutkan spesifikasi hardware dan software yang diperlukan

• Hal-hal yang harus diperhatikan dalam pengembangan aplikasi multimedia :
a. Siapa target audience ?
- Umur & tingkat pendidikan
- Gaya / cara belajar
- Kebutuhan dan harapan pemakai
- Etnik, Gender, komposisi budaya
- Warna dan logo yang disukai
- Profil psikologis
b. Apa tujuan program ?
- Berupa presentasi / tutorial / interactive page ?
- Dipakai oleh group / single user ?
- Dipakai di TV / komputer / kiosk ?
c. Apa struktur / isi program ?
- Isi program dapat berupa pesan khusus, data, gambar, grafik,, video, atau informasi lain
- Isi program dirancang oleh content specialist untuk diberikan kepada multimedia architect 􀃆 how can this information be presented using the capabilities of multimedia technologies ?
d. Komponen-komponen apa saja yang akan dipakai ?
- Gunakan berbagai macam media seperti narasi, gambar, animasi, video, teks, dll untuk menarik pemakai sehingga dapat menangkap informasi yang disampaikan
- Untuk pemakai individu 􀃆 extensive text, scrolling text fields, audio, interactivity
- Untuk pemakai kelompok 􀃆 text, audio, interactivity, colors
e. Tingkat interaksi yang diharapkan antara user dan komputer
f. Tingkat respon pemakai yang diharapkan
- Sediakan umpan balik / pesan untuk setiap respon dari pemakai; berupa pesan ‘benar’ atau ‘salah’

• The Golden rule of design: Don’t do to others what others have done to you. Remember the things you don’t like in software interfaces you use. Then make sure you don’t do the same things to users of interfaces you design and develop. Tracy Leonare (1996).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar