Minggu, 31 Oktober 2010

Tugas Softkill : ECB, CIM, SII, dan SNB

Nama : Ahmad Fauzan
NPM : 50407061
Kelas : 4IA15
EBC
E-Bussiness
e-Business atau Electronic business dapat didefinisikan secara luas sebagai proses bisnis yang bergantung pada sebuah sistem terotomasi. Pada masa sekarang, hal ini dilakukan sebagian besar melalui teknologi berbasis web memanfaatkan jasa
internet. Terminologi ini pertama kali dikemukakan oleh Lou Gerstner, CEO dari IBM.

E-Commerce
E-commerce atau bisa disebut Perdagangan elektronik atau e-dagang adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-commerce dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.

Industri teknologi informasi melihat kegiatan e-dagang ini sebagai aplikasi dan penerapan dari e-bisnis (e-business) yang berkaitan dengan transaksi komersial, seperti: transfer dana secara elektronik, SCM (supply chain management), e-pemasaran (e-marketing), atau pemasaran online (online marketing), pemrosesan transaksi online (online transaction processing), pertukaran data elektronik (electronic data interchange /EDI), dll.

E-dagang atau e-commerce merupakan bagian dari e-business, di mana cakupan e-business lebih luas, tidak hanya sekedar perniagaan tetapi mencakup juga pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan dll. Selain teknologi jaringan www, e-dagang juga memerlukan teknologi basisdata atau pangkalan data (databases), e-surat atau surat elektronik (e-mail), dan bentuk teknologi non komputer yang lain seperti halnya sistem pengiriman barang, dan alat pembayaran untuk e-dagang ini.

E-commerce pertama kali diperkenalkan pada tahun 1994 pada saat pertama kali banner-elektronik dipakai untuk tujuan promosi dan periklanan di suatu halaman-web (website). Menurut Riset Forrester, perdagangan elektronik menghasilkan penjualan seharga AS$12,2 milyar pada 2003. Menurut laporan yang lain pada bulan oktober 2006 yang lalu, pendapatan ritel online yang bersifat non-travel di Amerika Serikat diramalkan akan mencapai seperempat trilyun dolar US pada tahun 2011.

Dalam banyak kasus, sebuah perusahaan e-commerce bisa bertahan tidak hanya mengandalkan kekuatan produk saja, tapi dengan adanya tim manajemen yang handal, pengiriman yang tepat waktu, pelayanan yang bagus, struktur organisasi bisnis yang baik, jaringan infrastruktur dan keamanan, desain situs web yang bagus, beberapa faktor yang termasuk:

1. Menyediakan harga kompetitif
2. Menyediakan jasa pembelian yang tanggap, cepat, dan ramah.
3. Menyediakan informasi barang dan jasa yang lengkap dan jelas.
4. Menyediakan banyak bonus seperti kupon, penawaran istimewa, dan diskon.
5. Memberikan perhatian khusus seperti usulan pembelian.
6. Menyediakan rasa komunitas untuk berdiskusi, masukan dari pelanggan, dan lain-lain.
7. Mempermudah kegiatan perdagangan

Beberapa aplikasi umum yang berhubungan dengan e-commerce adalah:

* E-mail dan Messaging
* Content Management Systems
* Dokumen, spreadsheet, database
* Akunting dan sistem keuangan
* Informasi pengiriman dan pemesanan
* Pelaporan informasi dari klien dan enterprise
* Sistem pembayaran domestik dan internasional
* Newsgroup
* On-line Shopping
* Conferencing
* Online Banking

Perusahaan yang terkenal dalam bidang ini antara lain: eBay, Yahoo, Amazon.com, Google, dan Paypal. Untuk di Indonesia, bisa dilihat tradeworld.com, bhineka.com, fastncheap.com, dll.

sumber :

http://www.baliorange.web.id/pengertian-ecommerce/ dan id.wikipedia.org/wiki/E-business


CIM

CIM (Corporate Information Management) jika diartikan kedalam bahasa Indonesia adalah Manajemen Informasi Perusahaan. Menurut artikel yang telah saya baca bahwa Manajemen Informasi Perusahaan adalah suatu proses dari

  • Pembentukan strategi,
  • Perencanaan pasokan untuk informasi masa yang akan datang,
  • Meningkatkan nilai utilitas sumber daya informasi yang tersedia,
  • Menghilangkan informasi yang berlebihan,
  • Memastikan kepatuhan terhadap undang-undang, dan
  • Meningkatkan laba atas investasi di teknologi informasi.


Pembentukan strategi

Perusahaan dihadapi dengan kumpulan informasi yang dihasilkan dari informasi-informasi luar. Kekayaan potensi untuk mengidentifikasi kecenderungan perubahan.

Sumber:

http://it.toolbox.com/blogs/enterprise-design/the-six-dimensions-of-corporate-information-management-14790


SII

Kevan Scholes (dalam buku “Exploring Corporate Strategy Dari berbagai pengertian dan definisi mengenai strategi The Midwest Agribusiness Trade Research and Information . In order to facilitate the integration and optimization of the value chain, information systems strategies need to pengertian dari audit keamanan komputer adalah . Wal Mart Strategy Analysis - Document Transcript out growth patterns, cross-docking, superior information in distribution from improved cooperation and IT integration.. Need for Global Integration . Export ; Strategy ; Domestically culture, Structure, HR, Information & control systems SWOT Formulate Strategy Pembangunan Lestari Pengertian Dan .

Majalah Gratis Tentang pengertian sampah bahan berbahaya dan beracun. and connect the business strategy with daily operations through performance tracking. .Majalah Gratis Tentang pengertian trend dan isu. The Future of Core HR: Building the Business Case for Automation and Integration. Fast, Affordable, Agile .The purpose of the paper is to test, from micro-level data, the complete general the Method of Least Squares: Extracting the Most Information from Experiments .ebook chm - CISA: Certified Information Systems Auditor Study Guide - ebooks chm free International Assignments An Integration of Strategy Research and Practice .

Sumber :

http://www.ustrend.info/2010/09/info-pengertian-strategy-of-information-integration.html


SNB

Social Network Business dalam bahasa Indonesia biasa disebut layanan jaringan sosial. Sebuah layanan jaringan sosial adalah layanan online, platform, atau situs yang berfokus pada bangunan dan mencerminkan dari jaringan sosial atau hubungan sosial antara orang-orang.


Kebanyakan layanan jaringan sosial berbasis web dan menyediakan sarana bagi pengguna untuk berinteraksi melalui internet , seperti e-mail dan pesan instan. Meskipun komunitas online jasa kadang-kadang dianggap sebagai sebuah layanan jaringan sosial. Dalam arti yang lebih luas, layanan jaringan sosial biasanya berarti berpusat-pelayanan individual sedangkan komunitas online layanan adalah kelompok-berpusat. Situs jejaring sosial memungkinkan pengguna untuk berbagi gagasan, kegiatan, acara, dan kepentingan dalam jaringan masing-masing.

Jenis utama layanan jaringan sosial adalah mereka yang berisi kategori tempat-tempat (seperti reuni sekolah atau sekelas), sarana untuk terhubung dengan teman-teman dan sistem rekomendasi terkait dengan kepercayaan.
Metode populer sekarang menggabungkan keseluruhannya, dengan


  • Facebook , Bebo dan Twitter banyak digunakan di seluruh dunia.
  • MySpace dan LinkedIn yang paling banyak digunakan di Amerika Utara
  • Nexopia terutama di Kanada
  • Hi5 , Hyves kebanyakan di Belanda
  • StudiVZ kebanyakan di Jerman
  • iWiW kebanyakan di Hungaria
  • Tuenti kebanyakan di Spanyol
  • Nasza-Klasa terutama di Polandia
  • Decayenne , Tagged , XING ,Badoo dan Skyrock di beberapa bagian Eropa
  • Orkut dan Hi5 di Amerika Selatan , India dan Amerika Tengah
  • Friendster , Mixi , Multiply , Orkut , celaka , RenRen dan Cyworld di Asia dan Kepulauan Pasifik dan Orkut dan di India.

Sumber :
http://anitaapriliani.blogspot.com/2010/10/snb-social-network-business.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar